Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bersiap Menuju 2024, Demokrat Jatim Gelar Muscab Serentak

LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 00:42 WIB
Bersiap Menuju 2024, Demokrat Jatim Gelar Muscab Serentak
Musyawarah Cabang Serentak Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur/RMOLJatim
Musyawarah Cabang (Muscab) serentak digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Timur di Surabaya pada Jumat (27/5). Agenda politik itu digelar sebagai bentuk konsolidasi partai menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu dikatakan oleh Ketua DPD Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak, usai pembukaan Muscab di asrama haji Sukolilo, Surabaya.

"Memang lima tahun sekali kita melakukan penyegaran organisasi. Di tingkat provinsi sudah dilakukan. Dan sekarang di tingkat kabupaten/kota," kata Emil Dardak, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Politikus yang juga Wakil Gubernur Jatim itu menyebut, Muscab secara serentak memang sengaja dilakukan untuk efisiensi waktu. Mengingat ada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Muscab serentak digelar dalam beberapa tahap.

"Ini dilakukan dengan tepat secara prosedural, maka DPP menyarankan serentak," ujar mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Sementara itu, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, tahapan Pemilu yang bakal berlangsung dalam waktu dekat menuntut persiapan yang matang. Sehingga, Muscab serentak tersebut juga menjadi ajang konsolidasi mesin partai di tingkat DPC atau kepengurusan kabupaten/kota.

"Yang paling efektif memang selain juga untuk konsolidasi yang luas yaitu adalah dengan Muscab serentak. Ini dilakukan berdasarkan ketentuan partai," kata Herman Khaeron.

Berdasarkan ketentuan, menurut Herman, Muscab ini memakai mekanisme yang telah diatur di internal partai. Di mana Muscab hanya menetapkan calon ketua. Bakal calon ketua minimal harus mengantongi 20 persen dukungan dari pemilik suara.

Tahap lanjutan adalah fit and proper test. Uji kelayakan dan kepatutan itu bakal melibatkan tim lima yang terdiri dari Ketua Umum Partai Demokrat, Sekjen, Kepala BPOKK, Ketua DPD, serta Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim.

"Untuk gelombang dua akan dilakukan di minggu ketiga bulan Juni. Harapannya, awal Juli sudah ada keputusan untuk seluruh 38 kabupaten/kota menghasilkan para ketua DPC," jelasnya menambahkan.

Dia meyakini, dengan konsolidasi menyeluruh, mesin partai bakal bekerja optimal dalam menatap target elektoral Partai Demokrat pada Pemilu 2024.

"InsyaAllah akan semakin mempertajam mesin partai. Mesin baru akan terasa cepat. DPD dan DPC mesin baru, insyaAllah target dan sasarannya insyaAllah akan lebih efektif," pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA