Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Rumah Kreatif, Menparekraf: Sebentar Lagi Tour de Belitung, Siapkan Produk Kreatif untuk Wisatawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 22:31 WIB
Resmikan Rumah Kreatif, Menparekraf: Sebentar Lagi <i>Tour de Belitung</i>, Siapkan Produk Kreatif untuk Wisatawan
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat peresmian Rumah Kreatif Belitung/Ist
rmol news logo Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Yayasan Indonesia Setara, meresmikan Rumah Kreatif Belitung yang dibina oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Bangka Belitung.

Rumah Kreatif Belitung tersebut, nantinya akan digunakan sebagai pelatihan keterampilan oleh warga dalam berwirausaha.

Pada acara tersebut, Sandiaga Uno memberikan pelatihan UMKM kepada masyarakat untuk meningkatkan inovasi serta soft skill untuk membuka peluang-peluang bisnis baru.

"Hari ini saya memberikan pelatihan UMKM berkaca kepada pengalaman saya 25 tahun yang lalu di mana saya memulai usaha setelah krisis. Ternyata di balik krisis itu banyak peluang-peluang usaha," ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

"Jadi saya tadi memberikan beberapa kiat seperti inovasi, soft skill yang ditujukan berani mengambil risiko, beradaptasi dan etos kerja '4 As', kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas," imbuhnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini juga mengatakan, di bulan Oktober nanti akan ada tour 250 kilometer. Diharapkan, masyarakat pada kegiatan tersebut dapat menyuguhkan produk-produk kreatif.

"Dalam bulan Oktober nanti akan ada Tour de Belitung lagi 250 kilometer, ini pasti akan banyak yang ikut serta. Oleh karena itu produk-produk ekonomi kreatif kita harus siap. Sehingga para wisatawan bisa 'Rojali' rombongan yang jadi beli, bukan hanya 'Rohali' rombongan hanya lihat," katanya.

Sementara itu, Haryanto selaku Ketua Relawan Gemawira Bangka Belitung berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih meningkatkan kreatifitasnya.

Selain membuat karya produksi, Haryanto juga akan melanjutkan dengan pencarian celah pemasaran. Pemasaran yang dilakukan tidak hanya dalam negeri, Haryanto berharap produk-produk unggulan Bangka Balitung dapat dibutuhkan di luar negeri.

"Selanjutnya kami jelas akan memotivasi lanjutan kepada mereka, kalau mereka sudah berproduksi kita carikan untuk pasarannya," katanya.

Dia berharap, dengan kegiatan ini akan ada lagi produk dari Bangka Belitung yang di ekspor ke luar negeri. Seperti produk sebelumnya yaitu sedotan purun yang terbuat dari tanaman liar atau rumput liar.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA