Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ngeri, Ekses Dinasti Jokowi Jauh Melampaui Soekarno, Soeharto dan Gus Dur

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 29 Mei 2022, 10:57 WIB
Ngeri, Ekses Dinasti Jokowi Jauh Melampaui Soekarno, Soeharto dan Gus Dur
Meme gambaran dinasti Presiden Joko Widodo/Net
Dinasti politik Presiden Joko Widodo tampaknya makin lama makin menjadi.

Setelah sebelumnya anak dan menantu menjadi walikota, kini "dinasti" politik Presiden Jokowi makin menguat usai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman resmi mempersunting, Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo.

Melihat kecenderungan ini, begawan ekonomi Rizal Ramli pun mengibaratkan dinasti politik Jokowi sudah melampaui presiden terdahulu, termasuk di era Soeharto yang menjadi Presiden RI selama 32 tahun.

"Ekses dinasti Jokowi jauh melampaui Soekarno, Soeharto, Habibie & Gus Dur," kata Rizal Ramli dikutip dari akun Twitternya, Minggu (29/5).

Sebelumnya, kata RR, sapaan Rizal Ramli, Presiden Jokowi berhasil mengangkat putranya, Gibran Rakabuming Raka sebagai Walikota Solo. Lalu ada menantunya, Bobby Afif Nasution yang terpilih sebagai Walikota Medan.

"Kini menikahi saudara perempuannya sebagai istri kepada Ketua MK. Konflik kepentingan!" tegas Rizal Ramli yang ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Rizal Ramli merupakan tokoh nasional yang konsisten bersuara lantang terhadap praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Indonesia. Ia kerap mengkritik praktik jahat tersebut sejak masih menjadi aktivis mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bahkan karena selalu vokal terhadap KKN dan sikap otoriter penguasa, suara lantangnya tersebut diganjar dengan hukuman penjara selama 1,5 tahun di Lapas Sukamiskin bersama kawan-kawan aktivis 77/78.

"Track record RR itu konsisten anti-KKN dan antiotoriter. Siapa pun yang berkuasa, di dalam maupun di luar pemerintah," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA