Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Firli Bahuri: Semua yang Terjadi di KPK adalah Proses Hukum dan Tidak Ada Kejadian Politik

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 29 Mei 2022, 18:55 WIB
Firli Bahuri: Semua yang Terjadi di KPK adalah Proses Hukum dan Tidak Ada Kejadian Politik
Ketua KPK Firli Bahuri/RMOL
Semua proses hukum yang terjadi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditegaskan tidak ada peristiwa politik seperti yang dituduhkan selama ini.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri saat menjelaskan soal dua kemungkinan munculnya spanduk-spanduk di berbagai daerah yang menampilkan fotonya dan aspirasi untuk menjadi pemimpin di tahun 2024 mendatang.

Dalam akun Twitter pribadinya, Firli awalnya menjelaskan dua kemungkinan munculnya spanduk. Yang pertama, adanya kemungkinan sekelompok orang yang menyebarkan spanduk untuk memprovokasi keterlibatan Firli dalam politik.

Padahal kata Firli, dirinya sudah berulang kali menegaskan bahwa dirinya adalah penegak hukum yang sama sekali tidak boleh berpolitik.

Selanjutnya kemungkinan yang kedua adalah, sebagian masyarakat belum mengerti bagaimana cara mengekspresikan pendapat dan prosedur penyampaian pendapat terkait presiden yang akan datang.

"Sehingga mereka secara apa adanya mencoba mencantumkan aspirasi mereka di atas sebuah spanduk. Memang di sebagian spanduk itu sebenarnya tidak ada kalimat atau kata-kata tentang saya sebagiannya artinya mungkin saja mereka hanya menghendaki siapa pun yang bisa memberantas korupsi itulah orang yang mereka ingin calonkan," ujar Firli setelah dikonfirmasi ulang Kantor Berita Politik RMOL, Minggu sore (29/5).

Firli mengaku sudah berulang kali menyampaikan dan menegaskan serta menjelaskan posisi sulitnya sebagai orang yang ditarik kiri kanan.

"Sebelumnya saya juga menjelaskan posisi lembaga yang saya pimpin karena dia ditarik kiri kanan terlibat dalam kecenderungan opini dan arus politik. Terus terang kami adalah lembaga penegak hukum dan saya sebagai profesi adalah penegak hukum," tegas Firli.

Firli pun memastikan, bahwa apapun yang terjadi di KPK, merupakan benar-benar proses hukum yang dijalankan, dan tidak ada peristiwa politik apapun.

"Percayalah para sahabat, semua yang terjadi di KPK adalah proses hukum dan tidak ada kejadian politik. Selamat berakhir pekan dan sehat selalu semuanya," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA