On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ada Gejolak Internal Usai Munaslub, Partai Berkarya Minta Kegiatan PCB dengan KPK Ditunda

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 30 Mei 2022, 09:08 WIB
Ada Gejolak Internal Usai Munaslub, Partai Berkarya Minta Kegiatan PCB dengan KPK Ditunda
Lambang Partai Berkarya/Net
Partai Beringin Karya (Berkarya) minta jadwal pendidikan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk partainya ditunda. Alasannya karena sedang ada gejolak di internal partai usai penyelenggaraan munaslub.

Alasan ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang saat dikonfirmasi atas kehadiran pengurus Partai Berkarya dalam acara PCB yang dijadwalkan pada Selasa (31/5) di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kita tunda dulu jadwal dengan KPK besok, karena di internal Partai Berkarya pasca Munaslub 25 hingga 27 Mei 2022 kemarin bergejolak," ujar Picunang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin pagi (30/5).

Dampak dari gejolak tersebut, membuat pengurus Berkarya sedang fokus pembenahan di internal. Bahkan katanya, banyak pengurus yang memboikot kegiatan-kegiatan lain selain fokus pada persiapan verifikasi calon parpol peserta Pemilu 2024 yang tahapannya sudah dimulai dalam hitungan hari.

"Jadi jadwal KPK untuk Partai Berkarya kami minta ditunda dan minta waktu di akhir saja setelah partai-partai lain," kata Picunang.

Kegiatan KPK ini, sudah diikuti Berkarya pada tahapan sebelumnya. Yakni, pada saat acara Executive Briefing PCB Terpadu 2022 yang dihadiri oleh Sekjen parpol beserta pimpinan parpol dengan pimpinan KPK beberapa waktu lalu.

"Selanjutnya dengan seluruh pengurus DPP dan pengurus di tingkat provinsi dan kab/kota. Semua partai peserta Pemilu 2019 sudah terjadwal dan kami Partai Berkarya minta ditunda dan cari waktu yang tepat, yang jelas dalam tahun ini (2022). Kegiatan ini baik untuk menjamin integritas parpol dalam memerangi korupsi di negeri ini, khususnya para penyelenggara negara yang dihasilkan oleh parpol," pungkas Picunang.

KPK sendiri menjadwalkan Partai Berkarya untuk mendapatkan pendidikan PCB pada Selasa (30/5) sesuai dengan urutan abjad partai politik (parpol) yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Pilpres 2019 lalu.

Pada kegiatan sebelumnya telah berlangsung acara PCB untuk Partai Amanat Nasional (PAN) dengan dihadiri langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dan jajaran pengurus sebanyak 60 orang yang hadir langsung dan diikuti oleh seluruh kader hingga ke tingkat DPC melalui virtual pada Rabu (25/5).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA