Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi VIII DPR Rapat Bareng Menag dan Kepala BPIH Bahas Persiapan Haji 1443 H

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 30 Mei 2022, 12:01 WIB
Komisi VIII DPR Rapat Bareng Menag dan Kepala BPIH Bahas Persiapan Haji 1443 H
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama RI dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Senayan, Jakarta, 30 Mei 2022/RMOL
rmol news logo Komisi VIII DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu pada hari ini, Senin (30/5).

Berdasarkan agenda, RDP tersebut mengagendakan pembahasan persiapan pelaksanaan ibadan haji 1443 H/2022 M.

"Rapat pada hari ini memiliki nilai strategis dalam hal pengawasan tentang penyelengaraan ibadah haji dan umrah," ujar Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto saat membuka rapat di Ruang Rapat Komisi VIII, Nusantara II, Senayan, Jakarta.

Yandri menuturkan, pelaksanaan haji dan umrah 1443 H berbeda dari sebelumnya, mulai dari segi jumlah jemaah, hingga kondisi di Arab Saudi. Itu lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Tahun ini menjadi tahun krusial, tonggak untuk meyakinkan negara lain terutama Arab Saudi, untuk menunjukkan Indonesia mampu melindungi jemaah haji pada penyleengaran ibadah tahun ini," ucap politisi PAN ini.

"Komisi VIII ingin mendengarkan penjelasan mengenai persiapan yang dilakukan, baik dari segi aspek pembinaan, pelayanan, dan perlindungan," demikian Yandri.

Untuk jumlah kuota haji tahun 2022 sebanyak 100.051 jemaah, berkurang dibandingkan 2019 yang mencapai 218.150 jamaah. Selain pengurangan kuota, juga adanya pembatasan usia jemaah yaitu maksimal 65 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA