Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Jatim Episentrum Politik Nasional, Kehadiran La Nyalla Bisa Ubah Konstelasi Pilpres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 30 Mei 2022, 12:46 WIB
Pengamat: Jatim Episentrum Politik Nasional, Kehadiran La Nyalla Bisa Ubah Konstelasi Pilpres
Deklarasi relawan pendukung La Nyalla/Net
rmol news logo Basis suara Pulau Jawa masih menjadi kunci kemenangan Pilpres 2024 mendatang. Kehadiran calon presiden dari Jawa tentu akan mengubah konstelasi politik tanah air.

Begitu kata pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA menanggapi rapat konsolidasi relawan Patriot Sejati yang mendukung Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti menjadi calon presiden 2024 di Ballroom Grand Empire Palace Surabaya, Jawa Timur pada Kamis lalu (26/5).

“Mengemukanya nama Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti sebagai capres tentu memberi warna baru dan mampu mengubah konstelasi politik,” tegasnya kepada wartawan, Senin (30/5).

Apalagi, sambungnya, La Nyalla merupakan senator dari Jawa Timur yang memiliki modal politik cukup kuat. Mulai dari jaringan tokoh dan basis suara pemilih solid, yang dibuktikan dengan mampu meraih 2,2 juta suara saat Pemilu 2019 lalu.

Secara geopolitik, Jawa timur adalah provinsi terbesar kedua setelah Jawa Barat. Untuk pilpres mendatang sekitar 31 juta pemilih, tentu membuat Jawa Timur menjadi daerah strategis pertarungan perebutan suara para tokoh yang akan bertarung.

“Ditambah ada tokoh lain seperti Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawangsa, dan Mahfud MD. Jadi Jawa Timur episentrum politik nasional,” sambungnya.

Khusus untuk La Nyalla, Anas menilai bahwa sosok tersebut memiliki keunggulan sebagai Ketua DPD RI. DPD jadi panggung politik berkeliling Indonesia menyapa masyarakat untuk meraih simpatik rakyat.

“Jadi kehadiran Ketua DPD RI La Nyalla dalam kontestasi politik nasional menjadi poros baru di Pilpres 2024,” tutupnya.

Bagi relawan Patriot Sejati, dukungan diberikan karena La Nyalla merupakan tokoh yang bersikap negarawan, berani bicara kritis, serta dekat dengan rakyat.

Koordinator relawan, Arderio Hukom menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan strategi dan agenda untuk mensosialisasikan La Nyala.

“Di antaranya mengaktifkan struktur relawan hingga ke pelosok desa, menggalakkan deklarasi dukungan diberbagai daerah, patriot sejati juga menggalang dukungan tokoh dan mensosialisasikan di media sosial,” ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA