Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Upacara Hari Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Adat Ende, Lodewijk Lampung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 01 Juni 2022, 12:27 WIB
rmol news logo Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 diselenggarakan berbeda dari biasanya. Kerap digelar di Jakarta, tahun ini upacara peringatan digelar Presiden Joko Widodo di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6).

Upacara di tempat lahirnya Pancasila ini dimeriahkan dengan pemakaian baju adat oleh peserta upacara. Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara menggunakan baju adat Ende, Ragil Lambu-Luka Lesu.

Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus memilih menggunakan peci dan kain adat Lampung berwarna emas saat menjadi pembaca teks Pembukaan UUD 1945.

Lodewijk merupakan anggota DPR RI berasal dari Daerah Pemilihan Lampung I meliputi Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Upacara, Komandan Brigade Infanteri 21 Komodo Kodam IX/Udayana Kol. Inf. Tunjung Setyabudi.

Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pembaca Doa.

Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak segenap bangsa Indonesia untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," kata Presiden Joko Widodo dikutip Kantor Berita RMOLLampung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA