Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UMKM Butuh Transformasi Digital untuk Ciptakan Ekonomi Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 01 Juni 2022, 17:31 WIB
UMKM Butuh Transformasi Digital untuk Ciptakan Ekonomi Baru
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno/Net
rmol news logo Perekonomian Indonesia dikatakan sudah mulai berangsur membaik. Namun sayangnya, para pelaku UMKM masih menghadapi tantangan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19.

Padahal, UMKM adalah salah satu sektor yang mampu membangkitkan ekonomi nasional.

Oleh sebab itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga penggagas OK OCE, Sandiaga Uno mendorong agar UMKM terus digiatkan melalui digitalisasi.

"Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi terus kami upayakan agar para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/6).

Hal senada juga disampaikan dalam acara halal bi halal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE di Indonesia, Senin lalu (30/5). Dalam kesempatan tersebut, Sandi mendorong pelaku usaha OK OCE melakukan transformasi atau go digital.

"Saat ini baru belasan juta UMKM yang terdigitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital," tambah Sandi.
 
Dalam kesempatan tersebut, pendiri OK OCE lainnya, Indra Uno menyebutkan pentingnya komunikasi antarselama pelaku UMKM agar bisa menemukan ide-ide dan menghasilkan kolaborasi.

"Dari kolaborasi tersebut terciptalah sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan," tandas Indra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA