Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Surya Paloh: Pancasila adalah Kekuatan Pemersatu Bangsa Indonesia yang Beragam

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 02 Juni 2022, 18:53 WIB
Surya Paloh: Pancasila adalah Kekuatan Pemersatu Bangsa Indonesia yang Beragam
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh/Net
Kesadaran akan pentingnya nilai luhur Pancasila harus tetap hadir sebagai semangau untuk terus mencintai Indonesia. Pancasila harus senantiasa dipegang sebagai karunia Tuhan yang menjadi pondasi kebangsaan.

Begitu dikatakan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam acara Silatnas Partai Nasdem, bertemakan Kita Pancasila : Pancasila Menjawab Tantangan Zaman", di Tower Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (2/6).

"(Pancasila) ini merupakan sebuah kekuatan yang menjadi alat pemersatu bangsa kita kita, sebagai suatu bangsa kita terdiri dari berbagai ragam etnik, suku agama, yang terus terang saja tidak mudah untuk dipersatukan," kata Surya Paloh.

Surya Paloh mengajak anak bangsa untuk bersyukur karena sampai saat ini masih eksis alat pemersatu bangsa yang disebut dengan Pancasila.

"Inilah seharusnya yang menjadi dasar-dasar pemikiran kita dalam kehidupan keseharian kita, tidak hanya terbentur pada sebuah dialektika romantika rektorika yang menjadi one way of life apa yang dikatakan oleh Bung Karno way of thingking sebagai satu bangsa," ujarnya.

Menurutnya, jika Indonesia tidak percaya diri dan tidak meyakini adanya Pancasila. Bisa jadi, Indonesia akan mudah terpedaya dan mendapatkan ancaman baru ke depan.

"Kita akan kehilangan nanti Indonesia yang kita banggakan hari ini, Indonesia yang memang diberikan oleh sang Maha Pencipta sebagai suatu negara dan bangsa yang memiliki tingkat daya efektifitasnya amat sangat luar biasa, lihatlah dari posisinya yang strategis secara geografis," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA