Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Dukung Pengembangan Produksi, Sandiaga Uno Komitmen Dampingi Pelaku UMKM Urus Perizinan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 03 Juni 2022, 15:11 WIB
Selain Dukung Pengembangan Produksi, Sandiaga Uno Komitmen Dampingi Pelaku UMKM Urus Perizinan
Sandiaga Uno saat menghadiri pelatihan pemberdayaan UMKM di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan/RMOL
rmol news logo Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diyakini masih menjadi salah satu pilar pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memberikan pelatihan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM di Tanah Air.

Salah satunya, seperti dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Yayasan Indonesia Setara, yang memberikan pelatihan pemberdayaan UMKM di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pada acara yang dihadiri ratusan emak-emak dan pegiat UMKM milenial, Sandiaga mengatakan, pelatihan yang kali ini diberikan untuk membuat sabun cair, diyakini bisa menekan ongkos produksi para pelaku UMKM.

Terlebih, peserta yang datang ke pelatihan ini didominasi oleh para pelaku usaha kuliner. Pelatihan ini juga dimaksud untuk menambah penghasilan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Saya sangat mengapresiasi dengan pelatihan ini karena sangat komplit, memberikan tambahan penghasilan juga mengurangi biaya oleh para pelaku ekonomi kreatif ini karena banyak yang bergerak di usaha kuliner maupun usaha-usaha ekonomi kreatif lainnya," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Jumat (3/6).

"Saya yakin dengan bersama kita ini akan mampu untuk menata tata ekonomi baru dan membuka peluang kerja seluas-luasnya," imbuh mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

Selepas pelatihan ini, kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, para peserta mendapatkan pendamping khusus dan beberapa program berkelanjutan. Salah satunya dengan mempermudah perijinan mulai dari PIRT, BPOM dan merek dagang.

Sebab sejauh ini, kata Sandiaga, yang menjadi kendala para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahan dan produksinya adalah perizinan.

"Di kesempatan berikutnya nanti kami akan melakukan langsung on the spot. Jadi nanti akan ada OSS (Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission) yang nanti akan disiapkan di sini," terangnya.

"Jadi bagi yang mengikuti pelatihan akan langsung mengurus perizinannya. Setelah mengikuti pelatihan mereka pulang lengkap dengan perizinannya," kata Sandiaga lagi.

Sementara Ketua Koordinator Pelatihan Pemberdayaan UMKM Banjarmasin, Laili Masruri mengatakan, kegiatan ini dinilai penting diberikan kepada warga terutama pelaku UMKM. Sebab sabun-sabun yang nanti akan dihasilkan para peserta pelatihan bisa dipasok ke sejumlah rumah makan yang ada di Banjarmasin.

"Maka sekali lagi itu menjadi sebuah peluang bagi para peserta kita follow up lagi karena tidak sampai pada pelatihan tapi kita bina lagi, saya yakin dan percaya dari Kalimantan Selatan bisa dan mampu bersaing terhadap produk-produk yang sudah ada," demikian Laili. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA