Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sejumlah Politisi Ramaikan Formula E, Pengamat: Bikin “Poros Ancol” dan Lirik Anies-Puan?

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 04 Juni 2022, 23:00 WIB
Sejumlah Politisi Ramaikan Formula E, Pengamat: Bikin “Poros Ancol” dan Lirik Anies-Puan?
Sejumlah politisi dan tokoh nasional hadiri perhelatan Jakarta E-Prix di Ancol, Jakarta/RMOL
Perhelatan ajang balap Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E yang digelar di sirkuit Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/6) yang ramai dihadiri para politisi menuai spekulasi politik.

Menurut Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Henry Satrio, kehadiran para politisi hingga pejabat Kabinet Indonesia Maju itu merupakan dukungan untuk acara kenegaraan yang sukses tersebut.

Itu bukan tentang Anies Baswedan dan Jakarta. Lebih jauh dari itu, Jakarta E-Prix 2022 adalah bagian dari sebuah perhelatan yang membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Jadi memang luar biasa dan terjawab sudah bagaimana Pak Jokowi mendukung Formula E ini,” ujar Hensat, sapaan Henri Satrio kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Sabtu (4/6).

Namun demikian, jika dibaca secara politik maka acara itu sarat akan sikap politik yang berkaitan dengan Pilpres 2024.

Pasalnya, acara yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu turut dihadiri Presiden Jokowi, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga para petinggi negara dan politisi turut serta memeriahkan ajang balap internasional itu.

Menariknya, hampir mayoritas politisi yang hadir itu belum membentuk koalisi untuk Pilpres 2024. Hanya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sudah bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu bersama Golkar dan PPP.   

Sisanya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, hingga Menparekraf Sandiaga Uno belum berkoalisi.

“Bisa juga disebut 'Poros Ancol' ya. Kalau kemudian dibaca sebagai Poros Ancol, untuk mendorong Anies-Puan atau Puan-Anies misalnya? Ya itu nanti bisa dibaca ke depannya bagaimana. Karena di antara yang hadir hanya Zulhas saja yang sudah berkoalisi. Cak Imin, AHY, Mbak Puan kan belum?” papar Hensat.

Terlebih, belakangan Presiden Jokowi digadang-gadang memberikan dukungan terhadap Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Rakernas Relawan Pro Jokowi (Projo).

Namun, isyarat itu seperti berubah haluan saat Jokowi hadir langsung di acara Formula E, lalu Puan tampak duduk di samping Jokowi dan Anies di sebelahnya.

“Nah kalau dari kedekatan hari ini, kira-kira Pak Jokowi akan pilih Ganjar atau Puan?” tuturnya.

“Atau Jokowi mulai lirik Puan dan bikin Poros Ancol? Ya boleh begitu,” demikian Hensat.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA