Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamiludin Ritonga: Kehadiran Projo di KIB Menguatkan Dugaan Koalisi Dapat Restu Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 Juni 2022, 15:42 WIB
Jamiludin Ritonga: Kehadiran Projo di KIB Menguatkan Dugaan Koalisi Dapat Restu Jokowi
Jamiludin Ritonga/RMOL
rmol news logo Kehadiran elemen relawan Projo dalam acara yang digelar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menguatkan sinyal bahwa Presiden Joko Widodo merestui terbentuknya koalisi tersebut. Terlebih, partai politik dalam KIB tersebut merupakan partai pendukung pemerintahan.

Begitu analisa pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga ketika berbincang kepada Kantor Berita Politik RMOL mengenai kehadiran Projo dalam acara Silatnas KIB kemarin malam, Minggu (5/6).

Menurutnya, kedatangan Budi Arie Setiadi merupakan kepanjangan tangan Presiden Joko Widodo untuk menentukan calon presiden yang akan bertarung di 2024 mendatang.

"Kehadiran Projo di KIB menguatkan dugaan koalisi ini mendapat restu dari Joko Widodo. Karena itu, wajar kalau kehadiran KIB dinilai sebagai perpanjangan tangan Istana. Ini artinya, Istana menginginkan Capres tertentu untuk diusung pada Pilpres 2024,” kata Jamiluddin.

Dia menambahkan, kehadiran Projo juga menguatkan dugaan bahwa KIB disiapkan untuk mengusung Ganjar Pranowo. Sebab, secara politik Projo merupakan kepanjangan tangan politik Jokowi.

"Jadi, KIB tampaknya memang disiapkan untuk menjadi perahu Ganjar. Sosok inilah yang kiranya direstui Jokowi untuk melanjutkan programnya yang belum selesai, khususnya IKN,” katanya.

Mantan Dekan FIKOM IISIP ini mengatakan indikasi untuk memenangkan Ganjar dari KIB akan membuat hubungan Jokowi dan PDIP semakin panas. PDIP akan menarik jarak lebih besar terhadap Jokowi.

"Bahkan peluang koalisi partai pendukung pemerintah terbelah akan semakin besar.  Kalau ini terjadi, kabinet Jokowi berpeluang goyah. Sebab, kekuatan PDIP sangat dominan dalam koalisi partai pendukung pemerintah,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA