Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Agar Tidak Ketinggalan Gerbong, Partai Lain Harus Perhitungkan Pilihan Capres Surya Paloh

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 Juni 2022, 18:19 WIB
Agar Tidak Ketinggalan Gerbong, Partai Lain Harus Perhitungkan Pilihan Capres Surya Paloh
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh/RMOL
Partai politik yang ketinggalan menentukan sikap politiknya menghadapi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 akan berhadapan langsung dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Demikian analisa pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga saat ditanya terkait seberapa besar pengaruh Surya Paloh terhadap peta politik Indonesia dan Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, apabila partai lain salah mengusung calon presiden pada pemilu mendatang, maka akan berimbas pada kursi di DPR dan juga jatah menteri.

Bagi Jamiludin sikap politik Surya Paloh harus benar-benar diperhitungkan oleh ketum parpol lain. Jika tidak maka partai lain itu akan ketinggalan gerbing koalisi.

"Sebab, partai yang salah mengusung Capres kerap berimbas pada ketidakterpilihan partainya pada Pileg, tentunya tidak mendapat bagian jatah menteri yang layak,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (5/6).

Dia menambahkan, di tangan Surya Paloh, saat ini Nasdem merupakan partai yang banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia. Masyarakat menyoroti Nasdem karena sejauh ini dari sisi struktur organisasi dana manajemen tampak sangat baik.

"Itu artinya, Surya Paloh memang sudah layak menjadi guru politik nasional. Dampaknya tentu akan positif ke Nasdem, setidaknya dalam mengusung Capres pada Pilpres 2024,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA