Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bebani Rakyat, Gerindra Minta Kenaikan Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Ditinjau Ulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 Juni 2022, 21:41 WIB
Bebani Rakyat, Gerindra Minta Kenaikan Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Ditinjau Ulang
Ilustrasi Candi Borobudur/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan kenaikan tarif wisata Candi Borobudur. Untuk tarif tiket masuk tetap diharga Rp 50 ribu. Namun untuk biaya menaiki wilayah Candi Borobudur naik menjadi Rp 750 ribu bagi wisatawan lokal.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sementara untuk wisata mancanegara dikenakan tarif 100 dolar AS. Khusus untuk pelajar dikenakan tarif hanya 5 ribu rupiah.
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Prasetyo Hadi mengatakan, kenaikan tarif wisata ke wilayah candi senilai Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal itu sangat membebani perekonomian rakyat. Keputusan itu juga dinilai tidak sejalan dengan prinsip pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Prasetyo Hadi menyarankan agar pemerintah segera meninjau ulang rencana menaikan tarif wisata ke area Candi Borobudur.

Menurutnya, selain karena kenaikan harga sangat membebani wisatawan, kebijakan ini tidak sejalan dengan prinsip pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

"Kondisi perekonomian rakyat saat ini sedang berupaya pulih dan bangkit dari keterpurukan, sehingga tidak tepat apabila ada kebijakan yang justru dapat menghambat kehendak-kehendak itu," demikian kata Prasetyo Hadi, Minggu (5/6).

Legislator Partai Gerindra ini menilai, kurang tepat apabila kenaikan tarif wisata ke area Candi Borobudur sebagai upaya menjaga kelestarian situs bersejarah ini.

Menurut Prasetyo Hadi, ada cara-cara yang lebih logis untuk menjaga kedisiplinan turis selama berada di area wisata agar kelestarian candi tetap terjaga dengan baik.

"Kurang tepat apabila Pak Luhut menilai kenaikan harga ini sebagai langkah pelestarian candi. Ada cara-cara yang lebih logis," pungkas Prasetyo Hadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA