Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KIB Bakal Jadi Pelarian Jokowi dan Projo Bila Tidak Tersalurkan Melalui PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 06 Juni 2022, 09:45 WIB
KIB Bakal Jadi Pelarian Jokowi dan Projo Bila Tidak Tersalurkan Melalui PDIP
Ketum Projo, Budi Arie Setiadi (kanan), berbincang dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto di acara Silatnas Koalisi Indonesia Bersatu/Net
rmol news logo Kehadiran kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dipandang sebagai sinyal bahwa koalisi yang merupakan gabungan dari Partai Golkar, PPP, dan PAN itu akan menjadi kendaraan bagi sosok yang didukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2024.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, kehadiran Projo di acara KIB pada Sabtu kemarin (4/6) merupakan bentuk sinyal dukungan kepada KIB.

"Bisa jadi Projo memberikan dukungan kepada KIB kalau capresnya sesuai dengan karakter yang diharapkan oleh Projo," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (6/6).

Tidak hanya itu, akademisi Universitas Nasional (Unas) Jakarta ini menilai KIB juga bisa menjadi semacam pelarian dari Jokowi dan pendukungnya apabila nantinya berseberangan dengan calon yang menjadi andalan PDI Perjuangan.

"Sangat mungkin sekali KIB menjadi mesin politik Jokowi dan Projo, apabila apa yang diharapkan oleh Jokowi dan Projo tidak tersalurkan melalui PDIP," jelas Saiful.

Dengan demikian, Saiful menilai, apa yang dilakukan oleh Projo dengan hadir di acara Silatnas KIB tersebut sudah sangat tepat. Karena, sangat mungkin apa yang menjadi harapan Projo justru berbeda dengan pilihan PDIP.

"Sehingga pelariannya adalah kandidat yang paling mungkin sejalan dengan apa yang menjadi harapan Projo, salah satunya adalah melalui KIB," pungkas Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA