On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pengamat: KIB Jadi Wadah Pendidikan Politik bagi Rakyat

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 06 Juni 2022, 16:58 WIB
Pengamat: KIB Jadi Wadah Pendidikan Politik bagi Rakyat
Koalisi Indonesia Bersatu bisa menjadi wadah pendidikan politik rakyat/Net
Terbentuknya poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dianggap sebagai koalisi politik yang strategis tidak hanya untuk pemilihan presiden (Pilpres), juga sebagai wadah pendidikan politik bagi rakyat.

Demikian disampaikan pengamat politik asal Kota Cirebon, Sutan Aji Nugraha, kepada Kantor Berita RMOLJabar saat menanggapi Silatnas KIB yang yang turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Wakil Menteri Desa, Budi Arie Setiadi, yang juga merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo).

Sutan Aji mengatakan, untuk mendukung koalisi politik strategis, diperlukan daya upaya taktis yang gencar. Mulai dari pusat, provinsi, hingga daerah melakukan lobi-lobi politik untuk menentukan arah perjuangannya. Jangan sampai seperti koalisi yang sudah-sudah, antara teori di atas kertas dan praktik berbanding terbalik.

“Perilaku politik inilah secara langsung dan sadar memberikan pendidikan politik terhadap rakyatnya,” kata Sutan, Senin (6/6).

“Semoga perahu maupun sekoci politik mampu terparkir dengan tertib, baik, dan benar untuk Indonesia,” tutupnya.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dibangun untuk membuat politik di Indonesia bebas dari politik identitas.

Airlangga menegaskan, seluruh pesan ini sudah sampai ke seluruh kader Partai Golkar, PAN, dan PPP hingga ke lingkup terkecil pemerintahan administrasi desa.

“Pertama tujuannya kan memang menghilangkan politik identitas. Jadi kita adalah koalisi nasional religius, baik yang muslim tradisional, maupun muslim modernis. Jadi tentunya itu yang akan dorong dan itu pula yang membuat kita menandatangani kesepahaman. Jadi itu klir,” tutur Airlangga usai Silatnas KIB, di Hutan Kota Plataran, Jakarta, Sabtu malam (4/6).
EDITOR: