Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival Bakcang, Tradisi Pengingat Pentingnya Persaudaraan dan Persatuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 06 Juni 2022, 18:29 WIB
Festival Bakcang, Tradisi Pengingat Pentingnya Persaudaraan dan Persatuan
Anggota DPR RI dari fraksi PDIP, Darmadi Durianto turut merayakan tradisi bakcang/Ist
rmol news logo Festival makan bakcang yang dirayakan masyarakat tionghoa setiap bulan lima tanggal lima penanggalan lunar mendapat perhatian dari anggota DPR RI fraksi PDIP, Darmadi Durianto.

Menurutnya, tradisi yang muncul sejak zaman Qun Chiu (722 SM–481 SM) tersebut merupakan sarana mempererat persaudaraan dan persatuan.

"Tradisi makan bakcang bukan hanya sekadar acara makan semata, tapi ada makna filosofisnya. Tradisi tersebut mengingatkan kita pentingnya mempererat persaudaraan dan persatuan sesama anak bangsa. Ini yang mesti kita jaga dan lestarikan," kata Darmadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/6).

Darmadi menuturkan, tradisi makan bakcang merupakan simbol keakraban sesama anak bangsa dalam kondisi apa pun.

"Makna simbolistiknya bahwa kita mesti saling gotong-royong dalam kondisi apa pun. Susah senang kita harus bersama rakyat," lanjut Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia (PTKI) merayakan Festival Bakcang di P4 Season City Jakarta, Minggu kemarin (5/6). PTKI merupakan organisasi yang dibentuk dengan semangat persaudaaran yang kental sebaimana isi bakcang yang padat, lengket dan kental.

Bakcang sendiri dibuat dari beras ketan yang isinya ketika sudah matang bersifat lengket jika dimaknai memiliki arti bahwa persaudaraan harus dijaga agar tetap lengket, tetap terjalin dengan baik, tanpa membedakan latar belakang apa pun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA