Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu Laksamana Yudo Margono, Chappy Hakim Serahkan Buku Kedirgantaraan untuk TNI Angkatan Laut

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 Juni 2022, 02:50 WIB
Bertemu Laksamana Yudo Margono, Chappy Hakim Serahkan Buku Kedirgantaraan untuk TNI Angkatan Laut
Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia Marsekal (Purn) Chappy Hakim melakukan lawatan ke Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono/Ist
Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia, Marsekal (Purn) Chappy Hakim melakukan lawatan ke Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Wisma Elang Laut, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (6/6).

Pada pertemuan tersebut, Chappy Hakim yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) tahun 2002-2005, menyerahkan 50 buku karya tangannya mengenai kedirgantaraan untuk menambah perbendaharaan buku buku perpustakaan milik TNI Angkatan Laut.

Selain itu, keduanya juga membedah sejumlah topik penting. Antara lain mengenai tugas-tugas Angkatan Laut sebagai bagian integral TNI sebagai sebuah Angkatan Perang Republik Indonesia yang bersama-sama Angkatan Darat dan Angkatan Udara bertugas menjaga kedaulatan dan kehormatan serta martabat bangsa.

Dalam suasana yang santai tersebut, Laksamana Yudo menjelaskan tentang tantangan ke depan yang dihadapi TNI AL. Tantangan ini, katanya, juga ada di Angkatan Darat dan Angkatan Udara, dalam hal menyiapkan sumber daya manusia menghadapi perkembangan keadaan serta kemajuan teknologi yang sangat cepat belakangan ini.   

"Secara khusus Angkatan Laut memang mengemban tugas yang tidak ringan dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas," kata Laksamana Yudo.

"Termasuk di dalamnya, gelar kekuatan yang dibutuhkan untuk mengawal keamanan laut sepanjang ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia), di samping wilayah perbatasan rawan lainnya. Seperti kawasan Selat Malaka dan Kepulauan Riau serta Natuna," imbuhnya.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dan penyerahan secara simbolik 50 buku kedirgantaraan untuk perpustakaan TNI AL.   

Sebagai kenang kenangan, Laksamana Yudo diberi sebuah buku tulisan Chappy Hakim di tahun 2011 yang berjudul “Pertahanan Indonesia-Angkatan Perang Negara Kepulauan”.  

Laksamana Yudo juga menyerahkan plaket dan minatur Ponyard (pedang kecil) kebanggaan Angkatan Laut kepada Chappy Hakim.

Dalam kesempatan itu Yudo didampingi Mayor Jenderal Widodo Dwi Putranto, Komandan Korps Marinir.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA