Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Responden Survei CSIS Dipertanyakan, Pakar: Anies Lebih Berhasil daripada Jokowi dan Ahok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 07 Juni 2022, 12:58 WIB
Responden Survei CSIS Dipertanyakan, Pakar: Anies Lebih Berhasil daripada Jokowi dan Ahok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
rmol news logo Hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) dipertanyakan objektivitasnya, lantaran hanya melibatkan 170 responden yang diklaim sebagai ahli di bidang sosial, politik, dan ekonomi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu pihak yang mempertanyakan ialah pakar kebijakan publik jebolan American Global University, Jerry Massie.

Menurut Jerry, responden ahli yang dilibatkan dalam survei CSIS patut dipertanyakan, apakah kompeten mengukur kesuksesan kinerja kepemimpinan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Saya pikir ada kekeliruan jika pakar di dalam survei itu tidak puas dengan kinerja Anies," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (7/6).

Jerry memandang, salah satu pokok kerja Anies dan A. Riza yang nampak jelas berhasil dan bisa dirasakan oleh masyarakat ibu kota adalah terkait tata kota. Capaiannya bahkan melebihi pemimpin sebelum Anies yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kalau saya menilai objektif. Dia (Anies) berhasil, malahan lebih sukses dari Ahok khususnya urban city atau tata kota dan tata kelola pemerintahan," tuturnya.

Lebih dari itu, Jerry yang juga menjabata sebagai Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini membandingkan capaian kinerja Anies dengan pendahulu Ahok, yaitu Joko Widodo yang kini masih menjabat sebagai presiden untuk periode yang kedua.

"Memang kita juga harus objektif. Saya bukan pendukung Anies atau dekat dengan beliau. Tapi saya kira kepemimpinannya cukup berhasil. Beda dengan Jokowi, saya bingung apa keberhasilannya," tandasnya.

"Saya kira bukan pakar di bagian tata kelola pemerintahan, tata ruang, tata kota dan kebijakan publik yang dijadikan responden di survei CSIS, sehingga seperti orang nyinyir," tutup Jerry. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA