Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bijak Bermedia Sosial, Legislator PAN: Sekali Klik, maka Unggahan akan Menjadi Jejak Digital yang Sulit Dihapus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 08 Juni 2022, 01:29 WIB
Bijak Bermedia Sosial, Legislator PAN: Sekali Klik, maka Unggahan akan Menjadi Jejak Digital yang Sulit Dihapus
Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig/Net
rmol news logo Perkembangan teknologi seiring tranformasi era digital yang serba cepat, harus disertai kecakapan dan kehati-hatian dalam memanfaatkannya. Utamnya, berhati-hati dalam bermedia sosial karena akan mencatatkan rekam jejak yang sulit dihapus namun mudah dilacak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema "Ayo Sadari Rekam Jejak Digitalmu", Selasa (7/6).

“Kita tidak hanya cukup untuk menguasai digital, tetapi juga paham bagaimana mengoperasionalkan dari sisi kebijaksanaan ataupun dari sisi kehati-hatian dalam menggunakan media sosial," kata Rizki Sadig.

"Karena jejak digital sejatinya begitu kita klik tombol pada saat itulah akan menjadi jejak langkah yang sulit untuk dihapus di masa yang akan datang," imbuhnya.

Pada prinsipnya, kata legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, dunia digital sama saja seperti dunia nyata, di mana di dalamnya memuat berbagai macam hal termasuk sisi positif dan negatif.

"Tentunya kita harus waspada dan bijaksana dalam menggunakan dunia digital ataupun media sosial. Karena hal tersebut akan menjadi sarana untuk kita terlibat pada hal-hal yang tanpa kita sadari mungkin melanggar hukum, menyakiti perasaan orang, ataupun penyebaran berita bohong," terangnya.

Rizki menekankan kembali, bahwa menguasai dan memahami dunia digital khususnya media sosial harus selalu diasah. Supaya, tidak ada kelalaian yang justru merugikan pengguna media sosial di kemudian hari.

"Karena kita berkewajiban bertanggungjawab terhadap apapun yang kita unggah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA