Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kunker ke Batang, Jokowi Jajal Mobil Listrik Kendaraan Resmi KTT G20

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 08 Juni 2022, 14:47 WIB
Kunker ke Batang, Jokowi Jajal Mobil Listrik Kendaraan Resmi KTT G20
Mobil listrik yang dikendarai Jokowi akan jadi kendaraan resmi KTT G20/RMOL
Kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berupa mobil listrik diujicobakan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Barang, Jawa Tengah, Rabu (8/6).

Dalam kunjungan tersebut Jokowi menjajal mobil listrik produksi Hyundai bersama dengan ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju saat menuju Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

"Tadi saya nyoba mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Saya kira halus, tidak ada suaranya, " ujar Jokowi saat memberikan keterangan usia meninjau kawasan proyek KCC Glass di Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6).

Jokowi meyakini, penggunaan mobil listrik di momentum KTT G20 akan menjadi stimulus untuk pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Apalagi menurutnya sumber daya listrik untuk mobil listrik melimpah di Indonesia.

"Mulai dari penambangan nikel, smelternya, refinery-nya, pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk kem lithium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya," papar Jokowi.

"Setelah mobilnya, juga masih ada lagi tambahan yaitu recyclebaterai listriknya sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan," tandasnya.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi ditemani sejumlah menteri seperti Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA