Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jaga Kesehatan Samudera, Lemhanas Minta Nasdem Usung Paradigma Ekonomi Biru

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 08 Juni 2022, 17:07 WIB
Jaga Kesehatan Samudera, Lemhanas Minta Nasdem Usung Paradigma Ekonomi Biru
Diskusi Bagaimana Pengaruh Geopolitik dan Geostrategi Dunia Terhadap Pangan Nasional?, Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (8/6)RMOL
Indonesia sebagai negara maritim mendapatkan catatan buruk terkait kandungan polutan air lautnya. Pemerintah perlu memperhatikan adanya kesehatan laut.

Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto menuturkan, dari data Lemhanas protein laut milik Indonesia berwarna merah. Artinya sebagian besar ikan di Indonesia yang dimakan rakyat di dalamnya terkandung polutan yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu, Nasdem yang memiliki simbol partai berwarna biru diharapkan mampu mengusung blue paragdigm economy. Secara teknis, kata Andi, paradigma Partai Nasdem mengedepankan paradigma kesehatan samudera.

Sebab, idealnya, Indonesia sebagai negara maritim warnanya harus biru seperti di Selandia Baru atau negara pasifik lainnya.

"Jadi cocok dengan warna biru Nasdem, jadi tolong benar-benar Nasdem sebagai partai biru bisa segera mengusung paradigma ekonomi biru blue paradigm dengan tujuan kesehagan samudera,” kata Andi dalam acara diskusi Bagaimana Pengaruh Geopolitik dan Geostrategi Dunia Terhadap Pangan Nasional?, Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (8/6).

Menurutnya, jika mampu menjaga kesehatan samuderanya, maka Indonesia akan menjadi negara ketiga atau keempat di dunia yang mampu menyediakan protein biru.

Andi menyebutkan beberapa wilayah yang bisa menopang sebagai penghasil protein diantaranya: Nias Mentawai, mulai dari Riau sampai Natuna utaradan Biak turun ke Maluku Utara turun ke Maluku hingga Selatan Papua.

"Kalau tidak bisa kelola tiga wilayah itu kelola saja darj Biak sampai Papua selatan, kalau dikelola itu saja kita sudah nomor empat protein biru,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA