Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo Genjot Realisasi Rp 24,7 Triliun Target PNBP Tahun Ini Lewat Lelang SFR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 09 Juni 2022, 05:34 WIB
Menkominfo Genjot Realisasi Rp 24,7 Triliun Target PNBP Tahun Ini Lewat Lelang SFR
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate/Net
rmol news logo Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditarget Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal digenjot melalui lelang Spektrum Frekuensi Radio (SFR).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerangkan, SFR merupakan sumber daya alam yang digunakan untuk penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, penyelenggaraan telekomunikasi khusus, penyelenggaraan penyiaran, navigasi dan keselamatan, hingga sistem peringatan dini bencana alam.

Dia menuturkan, penataan dan pengelolaan SFR menjadi tugas Kementerian Kominfo yang salah satunya untuk memastikan penggunaan SFR sesuai peruntukan dan tidak saling mengganggu antar frekuensi yang digunakan antar negara, serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

"Realisasi PNBP dari pengelolaan spektrum frekuensi radio tersebut ditopang oleh Biaya Hak Penggunaan (BHP) Frekuensi," ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/6).

Johnny mengatakan, tahun 2022 Kementerian Kominfo menargetkan PNBP setidaknya sebesar Rp 24,7 Triliun. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi daripada anggaran belanja Kementerian Kominfo pada tahun 2022 yang dipatok sebesar Rp 21,63 triliun.

Menurutnya, target PNBP 2022 tersebut mengalami sedikit penurunan target jika dibandingkan dengan capaian PNBP 2021. Namun, dia meyakini melalui ekstensifikasi dan intensifikasi realisasinya akan tercapai di atas target yang ditentukan itu.

"Sumber dan jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Kominfo dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 bersumber dari BHP frekuensi, PNBP USO, BHP Telekomunikasi, Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi, IPP penyiaran, dan PNBP lainnya," jelasnya.

Maka dari itu, mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem ini optimis target realisasi PNBP Kementerian Kominfo akan terus meningkat seperti yang terjadi sejak 2018 lalu.

"Tahun Anggaran 2018 sampai Tahun Anggaran 2022 menunjukkan tren yang membaik dan terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh ekstensifikasi seperti lelang spektrum frekuensi dan intensifikasi PNBP," demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA