Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Poros Nasdem-Demokrat-PKS Bisa Terbentuk, King Maker-nya SBY, Surya Paloh, dan JK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Juni 2022, 11:32 WIB
Pengamat: Poros Nasdem-Demokrat-PKS Bisa Terbentuk, <i>King Maker</i>-nya SBY, Surya Paloh, dan JK
Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dan Presiden ke-6 RI yang juga menjabat Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono/Net
rmol news logo Poros koalisi Pilpres 2024 kemungkinan akan terbentuk lagi dalam waktu dekat ini. Koalisi ini akan menyusul Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digaungi Partai Golkar, PPP, dan PAN.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an memperkirakan, kemungkinan pembentukan poros baru selain KIB sudah terlihat tandanya ketika Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, dan Presiden ke-6 RI yang juga menjabat Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, bertemu beberapa waktu lalu.

"Kemungkinan akan membuat poros baru. Bisa jadi menjadi poros Nasdem, Demokrat, PKS, di mana King Maker-nya Surya Paloh, SBY dan JK," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/6).

Jika perkawinan 3 partai politik (parpol) tersebut terealisasi, Ali melihat figur yang berpotensi diusung untuk menjadi calon presiden (capres) ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Siapa tokoh yang diusung? Yang diusung adalah Anies Baswedan. Secara kalkulasi politik, ini logis di tengah posisi sudah terbentuknya KIB," tuturnya.

Selain koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS, lulusan magister politik Universitas Indonesia ini tak menutup kemungkinan terbentuk poros koalisi lainnya.

"Ada berapa poros? Memang potensi terbentuknya 3 poros bisa, tapi 2 poros juga bisa. Kalau 4 poros kecil kemungkinan," demikian Ali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA