Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lewat Guratan Tinta, Ridwan Kamil Siapkan "Rumah Terakhir" Eril di Kampung Atalia

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 11 Juni 2022, 16:53 WIB
Lewat Guratan Tinta, Ridwan Kamil Siapkan
Ridwan Kamil mengunggah sketsa peti jenazah untuk anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz/Repro
Ayahanda Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, Ridwan Kamil mengunggah video yang menampilkan peti jenazah beserta sketsa pemakaman anak pertamanya itu.

Melalui Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengunggah video yang menampilkan peti jenazah beserta sketsa area pemakaman anak pertamanya itu.

"Dear Eril. Saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para wali yang salah satunya adalah leluhurmu," tulis Kang Emil dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (11/6).

Sebagai ayah, Kang Emil telah menyiapkan tempat persemayaman terakhir bagi Eril. Dirinya mendesain makam nan indah bersebelahan dengan sungai serta pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai.

"Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," ucapnya.

Almarhum Eril akan dikebumikan di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Dalam unggahan video itu, Kang Emil menjabarkan, makam Eril tak jauh dari lokasi kampung ibunya, Atalia Praratya dan akan dibangun sebuah Masjid dengan nama Al Mumtadz.

"Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu," terangnya.

Kang Emil menjelaskan, pemilihan nama masjid itu sesuai dengan nama terakhir Eril yakni Mumtadz. Nama Mumtadz memiliki arti terbaik.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya 'terbaik'. 'Terbaik' adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu," jelasnya.

"Eril, today is Saturday. It is a good day to go home (Eril, hari ini adalah hari Sabtu. Ini adalah hari yang baik untuk pulang)," tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA