Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

IA ITB Coba Sadarkan Ganjar Pranowo, Banjir Rob Bukan Cuma Faktor Alam tapi juga Akibat Ulah Manusia

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 11 Juni 2022, 22:38 WIB
IA ITB Coba Sadarkan Ganjar Pranowo, Banjir Rob Bukan Cuma Faktor Alam tapi juga Akibat Ulah Manusia
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau banjir rob di Pekalongan, Jawa Tengah pertengahan Mei 2022 lalu/Net
Banjir rob yang menerjang wilayah Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu terjadi bukan hanya karena faktor alam.

Menurut analisis Lembaga Riset Kebencanaan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB), faktor alam berupa pasang surut dan gelombang sangat kecil pengaruhnya terhadap kejadian banjir rob.

"Banjir rob merupakan bencana bauran, artinya faktor alam yang diperparah oleh ulah manusia. Paling besar adalah ulah manusianya yang menyebabkan tanah pesisir turun akibat eksploitasi air tanah hingga global warming yang menyebabkan sea level rise," kata Kepala Lembaga Riset Kebencanaan IA ITB, Heri Andreas kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (11/6).

Karena itu, Heri mengajak seluruh pihak terkait, baik dari kalangan masyarakat maupun pemerintah memahami persoalan banjir rob Pantura secara utuh.

Pemahaman secara utuh penting gar dampak yang terjadi bisa diantisipasi, bahkan dihilangkan.

Sebab menurut pandangannya, sejauh ini persoalan banjir rob di Jawa tengah dan beberapa wilayah pesisir lainnya terkesan tidak diantisipasi dengan baik oleh pemerintah.

"Pemerintah (Jawa Tengah) alih-alih melakukan upaya prediksi, yang ada malah meyakini banjir rob bencana alam dan hanya bisa menunggu kedatangannya saja dengan pembuatan tanggul serta peninggian infrastruktur pesisir," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA