Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Meja dengan Pejabat Penting Negara Sahabat, Prabowo Subianto Tunjukkan Posisi Strategis Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 12 Juni 2022, 22:03 WIB
Satu Meja dengan Pejabat Penting Negara Sahabat, Prabowo Subianto Tunjukkan Posisi Strategis Indonesia
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (empat dari kiri) satu meja dengan pejabat penting negara-negara sahabat saat menghadiri makan malam dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) di Singapura/Net
rmol news logo Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto terekam satu meja dan bercengkerama hangat dengan pejabat penting negara-negara sahabat saat menghadiri makan malam dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) di Singapura.

Prabowo terekam satu meja dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin, Menteri Pertahanan Australia Richard Donald Marles, dan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe.

Posisi Prabowo di tengah pemimpin-pemimpin negara sahabat seperti sedang menunjukkan bahwa kedudukan Indonesia di mata dunia sangatlah strategis. Indonesia memiliki peran penting dalam upaya menjaga perdamaian dunia yang sejalan dengan pembukaan UUD 1945.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Prabowo saat berbicara di forum IISS Shangri-La Dialogue 2022 bertajuk “Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar,” di Singapura, Sabtu (11/6).

Pada forum tersebut, Prabowo berbicara tentang pentingnya peran Indonesia dalam geopolitik Indocina yang menyebabkan negara-negara jajahan berhasil merdeka dari jerat imperialisme dan kolonialisme.
Faktor itu dipengaruhi oleh pemimpin Indonesia Presiden Soekarno yang berhasil menggagas gerakan non-blok.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengatakan, Asia memang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi tantangan dan menciptakan situasi damai. Cara strategis itu dikenal dengan sebutan "The Asian Ways".

“Dalam pengalaman kami, selama 40 hingga 50 tahun terakhir, kami telah menemukan cara kami sendiri, cara Asia untuk menyelesaikan tantangan ini,” ujar Prabowo dalam pidatonya, Sabtu (11/6).

Forum IISS Shangri-La Dialogue 2022 ini, merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA