Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lestarikan Lingkungan Pesisir, GP Nasdem Tanam Mangrove Serentak di Tujuh Provinsi

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 13 Juni 2022, 20:20 WIB
Lestarikan Lingkungan Pesisir, GP Nasdem Tanam Mangrove Serentak di Tujuh Provinsi
DPP Gerakan Pemuda Nasdem melakukan penanaman mangrove di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara/Ist
Dewan Pengurus Pusat (DPP) Garda Pemuda Nasdem tunjukkan komitmen kepedulian pada lingkungan dengan melakukan penanaman mangrove secara serentak di 7 provinsi yang berpusat di DKI Jakarta, tepatnya di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (13/6).

Titik penanaman manggrove yang lainnya, di Deli Serdang-Sumatera Utara, Dumai-Riau, Balikpapan-Kalimantan Timur, Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara, Kendari-Sulawesi Tenggara, dan Probolinggo-Jawa Timur.

Ketua Umum DPP GPND Prananda Surya Paloh mengatakan, garis pantai Indonesia yang mencapai 95.181 km menggambarkan tantangan besar untuk menjaga keseimbangan ekologis pesisir agar tetap terjaga, salah satunya dengan ekosistem mangrove.

Berdasarkan data dari BPS tahun 2021, disebutkan Prananda, luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai 3,63 juta hektare atau 20,37 persen dari total luas ekosistem mangrove dunia.

“Angka tersebut merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk Indonesia menempatkan mangrove sebagai prioritas utama dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis pesisir," ujar Prananda.

Dia menyampaikan, gerakan restorasi lingkungan adalah manifestasi nyata untuk menunjukkan bahwa pemuda harus ikut serta berpartisipasi aktif pada isu lingkungan hidup.

“Konservasi ekologis merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim. Krisis Perubahan Iklim telah mengancam perekonomian dan mempercepat kerusakan keragaman hayati laut,” katanya.

Sebagai partai modern, Prananda ingin Partai Nasdem terus melakukan pelestarian alam agar bumi dan lingkungan hidup di Indonesia tetap terjaga dengan baik.

“Kita harus melihat ke depan, salah satu program ramah lingkungan adalah program yang berorientasi masa depan dan masa kini," kata Prananda.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya yang juga Ketua Dewan Pakar DPP Partai Nasdem; Menteri Komunikasi dan Informatika RI sekaligus Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G. Plate; Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Hadir juga Ketua Fraksi Nasdem DPR RI Rouw serta sejumlah anggota DPR RI dan DPRD DKI Jakarta.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA