Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Projo, PDIP Tetap Bisa Solid Raih Suara Signifikan pada Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 14 Juni 2022, 11:58 WIB
Tanpa Projo, PDIP Tetap Bisa Solid Raih Suara Signifikan pada Pemilu 2024
Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Iman/Net
rmol news logo Para relawan Presiden Joko Widodo, Pro Jokowi (Projo) sudah tidak sejalan lagi dengan PDI Perjuangan. Pasalnya, Projo menginginkan masa jabatan presiden ditambah, minimal 2,5 tahun.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu analisis Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Iman, ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, terkait para pendukung Jokowi yang dinilai sudah membelot dari PDIP, Selasa (14/6).

"Saya kira Projo bukan membelot dari PDIP. Ini karena Projo ormas mandiri dan bukan organisasi sayap PDIP.  Yang tepat, Projo bisa tidak sejalan dengan PDIP dalam Pilpres,” ucap Arif.

Menurutnya, relawan muncul karena ada figur dari partai politik tertentu yang ditonjolkan. Sehingga tidak jadi masalah jika para pendukung itu lari dari partai yang sebelumnya telah menberikan dukungan besar bagi kader partai politik.

PDIP, lanjut Arif, tidak akan rugi jika ditinggalkan Projo. Sebab partai banteng moncong putih itu memiliki pendukung lain yang bisa membuat mereka tetap kuat pada 2024.

"Pada pemilu kemarin mereka sejalan karena persamaan kepentingan yakni mendukung Jokowi. Soal relawan itu ke figurnya atau tokohnya, kalau konteks pilpres. PDIP saya kira tetap solid dan memperoleh suara signifikan di pemilu besok,” tuturnya.

Disinggung mengenai Projo yang mendukung wacana perpanjangan masa jabatan presiden, Arif melihatnya ada suara Istana di balik suara Projo.

"Anggapan publik semacam ini wajar, karena antara elite Projo dan Jokowi memiliki kedekatan baik secara politik maupun emosional,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA