Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Ungkap Tiga Komponen Penting Transisi Energi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 15 Juni 2022, 11:17 WIB
Menko Airlangga Ungkap Tiga Komponen Penting Transisi Energi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Pengembangan energi baru terbarukan, mulai dari pembangkit listrik tenaga air, angin, surya, dan geothermal kini menjadi fokus Indonesia. Komitmen pemerintah terwujud dengan masuknya isu transisi energi dalam isu prioritas Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tengah dibuat mekanisme pembiayaan untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT) oleh pembiayaan internasional dalam forum G20.

Kata Airlangga, pembiayaan proses transisi energi menjadi penting agar harga energi tetap bisa terjangkau.

"Pembuatan mekanisme ini juga penting sembari melihat bagaimana model mekanisme ini berkerja. Jika bisa bekerja, kita akan duplikasikan ke tempat lain,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/6).

Pada kesempatan tersebut Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Singapura bisa berkolaborasi dalam melakukan transisi energi. Kerja sama bisa dilakukan pada proyek EBT yang sedang dilakukan oleh Indonesia yang berbasis geothermal, hydropower, wind turbine, dan solar panel.

Indonesia juga tengah berupaya menurunkan emisi di sektor energi melalui phasing down batu bara secara gradual untuk menuju Net Zero Emissions tahun 2060.

Untuk mencapai hal tersebut, telah disiapkan kebijakan Energy Transitions Mechanism (ETM) berupa Cap and Trade dan Cap and Tax.

“Tiga komponen penting dalam melakukan transisi energi adalah akses teknologi, market itu sendiri, dan kombinasi keduanya melalui green financing," tandas Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA