On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Reshuffle Kabinet Tanda Presiden Joko Widodo Frustasi dengan Anak Buahnya

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 15 Juni 2022, 18:29 WIB
Reshuffle Kabinet Tanda Presiden Joko Widodo Frustasi dengan Anak Buahnya
Pelantikan menteri hasil reshuffle di sisa 2,5 tahun masa jabatan Presiden Jokowi/Net
Presiden Joko Widodo merombak kabinet Indonesia Maju di istana negara, Rabu (15/6). Perombakan kabinet ini erat kaitannya dengan kemarahan Presiden Joko Widodo saat Rakorwas lantaran anak buahnya tidak mampu menjaga stabilitas ekonomi nasional.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga berpendapat, kemarahan Presiden Jokowi di depan umum merupakan cermin frustasi Jokowi dalam mengelola kabinetnya.

"Para menteri seolah tak memahami arahan Jokowi, termasuk skala prioritas yang ingin dicapai,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (15/6).

Dia menambahkan, salah satu arahan Jokowi adalah lebih mengutamakan penggunaan produksi dalam negeri. Hal ini rupanya belum sepenuhnya dilakuan para menteri sehingga menyulut kemarahan Jokowi.

"Dalam kasus tersebut, seharusnya menteri mudah memahami arahan Jokowi. Sebab arahan lebih memprioritaskan membeli produksi dalam negeri sangat mudah dipahami,” ujarnya.

"Namun demikian, para menteri bukanlah karena sulit diatur. Para menteri sangat menyadari kalau melakukan hal itu kapan saja akan di reshuffle,” demikian Jamiluddin.


EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA