Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peneliti BRIN: PDIP Partai Jangkar, Tidak akan Tenggelam jika Ditinggal Projo

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 16 Juni 2022, 11:35 WIB
Peneliti BRIN: PDIP Partai Jangkar, Tidak akan Tenggelam jika Ditinggal Projo
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo/Net
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak akan tenggelam hanya karena ditinggal relawan Jokowi. Sebab partai pimpinan Megawati Soekarnoputri memiliki loyalis yang banyak.

"PDIP ini tergolong partai jangkar, partai yang sudah memiliki basis massa politik yang jelas. Perilaku pemilih tradusionalnya meskipun agak menurun, tapi tergolong masih banyak sehingga setiap pemilu siap mengawal PDIP,” ucap Profesor Riset BRIN Prof. Siti Zuhro kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/6).

Menurutnya, tim sukses yang melekat pada calon seperti relawan Pro Jokowi (Projo), akan menjadi pemilih dengan kategori swing voters. Pasalnya, para swing voters ini akan memilih berdasarkan preferensi yang menguntungkan kelompoknya.

"Dinamika politik menyongsong Pilpres 2024 tak membuat kita mudah menyimpulkan karena yang kita baca masih di tataran arah mereka menentukan koalisi. Paslon belum secara serius digagas meskipun sinyal-sinyalnya mulai terbaca di permukaan,” katanya.

Meski demikian, PDIP perlu tetap waspada dengan dinamika pemilu ke depan jika benar-benar ditinggalkan para pendukung Jokowi seiring isu merenggangnya hubungan PDIP-Jokowi.

"Asumsi PDIP akan menjadi partai mayoritas ketika mengusung Jokowi di pemilu serentak 2019 tak terbukti. PDIP sebagai parpol nomor 1, betul, tapi kemenangannya tidak telak. Nyaris sama dengan tidak serentak karena efek ekor jas juga tak terbukti,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA