Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Arsul Sani: Reshuffle Kabinet Perkuat Posisi Politis KIB

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 Juni 2022, 14:33 WIB
Arsul Sani: Reshuffle Kabinet Perkuat Posisi Politis KIB
Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani/Net
Perombakan atau reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo kemarin, menguatkan posisi politis Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di pemerintahan.

Begitu dikatakan Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengomentari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan.

"Reshuffle itu kalau buat kami, secara politis menguatkan posisi KIB," ujar Arsul Sani kepada wartawan, Kamis (16/6).

Dijelaska Arsul, kuatnya posisi KIB dikarenakan tiga ketua umum partai politik berada di kabinet setelah pelantikan Zulkifli Hasan.

Yakni, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas.

"Sekarang tiga ketua umum KIB, semua ada di dalam kabinet. Nah, ini kalau sama-sama ada di dalam kabinet, itu punya makna bahwa mereka kan punya akses terhadap persoalan-persoalan pemerintahan, persoalan-persoalan kenegaraan," terangnya.

Wakil Ketua MPR RI ini juga berharap, setelah mendapatkan kursi kabinet, PAN dapat lebih cepat beradaptasi dengan mitra koalisi pemerintah lainnya.

"Sekarang secara formal, koalisi itu bertambah satu anggota. Nah, kita berharap PAN ini bisa kemudian menyesuaikan diri," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA