Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Dukungan Komunitas Intelektual Penting agar Tujuan Presidensi G20 Tercapai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 16 Juni 2022, 19:20 WIB
Menko Airlangga: Dukungan Komunitas Intelektual Penting agar Tujuan Presidensi G20 Tercapai
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Kolaborasi antara pemerintah dan stakeholder lain, termasuk para akademisi dan peneliti penting untuk menghasilkan kebijakan yang sesuai dan memberikan manfaat nyata.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara bertajuk International Conference on G20 yang diselenggarakan Universitas Indonesia, Kamis (16/6).

Airlangga yang datang mewakili Presiden Joko Widodo ini menyambut baik upaya universitas dan think tank yang diselenggarakan melalui Engagement Group Think 20 (T20) dan Science 20 (S20).

Menko Airlangga mendorong agar T20 dan S20 dapat memberikan masukan berupa konsep akademik dan penelitian dengan implementasi kebijakan di sektor riil.

“Atas nama Presiden Joko Widodo, saya berterima kasih atas dukungan kuat dari komunitas intelektual. Dukungan ini penting agar pencapaian dalam Presidensi G20 Indonesia tahun ini tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga dunia,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga menjelaskan peran Indonesia di kancah internasional sebagai Presidensi G20 dan terpilihnya Presiden Jokowi sebagai salah satu anggota Global Crisis Response Group yang dibentuk Perserikatan Bangsa Bangsa.

“Indonesia terpilih karena memiliki pengalaman dengan kebijakan fiskal Indonesia yang diakui oleh dunia dalam mengatasi krisis tahun 1998 dan tahun 2008, serta dalam menghadapi krisis selama pandemi Covid-19,” ujar Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Presidensi G20 Indonesia menekankan pentingnya kolaborasi secara inklusif. Setiap negara dan warga negara, termasuk kelompok rentan harus mendapat manfaat dari tindakan, kebijakan, dan rekomendasi G20.

Untuk mencapai pemulihan yang lebih kuat, kata Airlangga, perlu dibuat sumber-sumber ekonomi yang dapat diakses dan perlu meningkatkan pendapatan masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah optimis pertumbuhan ekonomi pada Q2 diperkirakan bisa mencapai 4,7% hingga 5,2%. Diharapkan kebijakan Indonesia berada pada jalur yang benar, sehingga negara lainnya juga akan willing to learn ke Indonesia,” tutup Ketua Umum Partai Golkar ini.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut di antaranya Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Rektor Universitas Indonesia, Prof Ari Kuncoro; G20 Study Center University of Toronto, Prof. John Kirton dan para akademisi lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA