Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kartu Prakerja Program Paling Siap Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 18 Juni 2022, 08:59 WIB
Kartu Prakerja Program Paling Siap Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan Global
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Keberhasilan program Kartu Prakerja menuai tanggapan positif dari banyak forum internasional karena mampu mendorong pengurangan ketimpangan, pengangguran, hingga kemitraan multipihak yang merupakan pilar-pilar SDGs.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Dalam pertemuan UNESCO di Marrakech, Maroko, mereka mencari jalan menghadapi tantangan the future of works terkait transformasi digital, green economy yang membutuhkan tenaga dan adult lifelong learning. Dari hampir seluruh negara yang memaparkan, program Kartu Prakerja adalah program yang paling siap dan sudah operasional,” kata Menko Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (18/6).

Program Kartu Prakerja telah terbukti memberikan dampak positif bagi penerima dan mampu mentransformasi postur pasar kerja di Indonesia. Hasil survei evaluasi sejak 2020 hingga 2022 membuktikan, 30% penerima Kartu Prakerja, yang sebelumnya menganggur kini telah bekerja atau berwirausaha.

"Kartu Prakerja merupakan salah satu program Government to People (G to P) paling masif yang ada, dibandingkan dengan yang pernah dilakukan oleh negara-negara lain," lanjut Airlangga.

Sejalan dengan misi yang diusung Sustainable Development Goals, Program Kartu Prakerja menjunjung tinggi inklusivitas dan menjangkau kelompok rawan dan minoritas.

Hal ini tergambar dari program Kartu Prakerja yang hadir di 514 kabupaten/kota, menjangkau sebanyak 56% penerima manfaat yang tinggal di desa, 49% penerima manfaat adalah perempuan, dan sekitar 3% dari penerima manfaat merupakan penyandang disabilitas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA