Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei TBRC: Airlangga Hartarto Masuk Kategori Elite Parpol Pemilik Tiket Nyapres dengan Elektabilitas Tertinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 18 Juni 2022, 18:13 WIB
Survei TBRC: Airlangga Hartarto Masuk Kategori Elite Parpol Pemilik Tiket Nyapres dengan Elektabilitas Tertinggi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Tingkat keterpilihan sejumlah elite partai politik (parpol) yang memiliki tiket untuk mencalonkan diri sebagai presiden untuk Pilpres 2024 dipetakan oleh lembaga Timur Barat Riset Center (TBRC) melalui survei terbarunya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif TBRC Yohanes Romeo menerangkan, pihaknya menyajikan 9 nama ketua umum partai politik yang kini memiliki kursi di parlemen. Hasilnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi nama yang paling banyak dipilih dari total 2.200 responden yang ikut serta dalam survei.

"Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto paling banyak dipilih yaitu sebanyak 29,8 persen, kemudian di urutan kedua Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebanyak 22,8 persen," papar Romeo dalam pers rilis yang diterima redaksi, Sabtu (18/6).

Namun yang menarik dalam temuan survei elektabilitas elite parpol, Romeo menyatakan bahwa pihaknya justru menemukan tingkat keterpilihan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berada di urutan ketiga.

"Di urutan ketiga yang sangat mengejutkan, ternyata diisi oleh Megawati Soekarnoputri dengan perolehan 10,1 persen. Artinya Megawati masih memiliki pemilih yang militan dan loyal," ujarnya.

Adapun untuk urutan keempat, TBRC mendapati nama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang dipilih 4,6 persen responden. Sementara di urutan kelima ditempati Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan keterpilihan 4,4 persen.

"Selanjutnya ada Ahmad Syaikhu (Ketum PKS) 2,4 persen, Surya Paloh (Ketum Nasdem) 2,1 persen, Suharso Monoarfa (Ketum PPP) 1,9 persen, Zulkifli Hasan (Ketum PAN) 1,2 persen, dan yang tidak menjawab 20,7 persen, " tandasnya.

Dalam survei ini, TBRC menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,1 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA