Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PAN Jakpus dan Jaksel Usulkan Anies dan Zulhas Capres 2024

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 19 Juni 2022, 23:32 WIB
PAN Jakpus dan Jaksel Usulkan Anies dan Zulhas Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Seiring peta koalisi yang makin menghangat, langkah-langkah mempersiapkan calon presiden 2024 terus dimatangkan oleh partai politik.
Dalam rapat kerja daerah (Rakerda) PAN Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, sepakat mengusulkan dan mengharapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Zulkifli Hasan sebagai capres yang diusung.

Meski kedua pengurus wilayah PAN ini sama dalam rekomendasi usungan caperes, namun ada yang berbeda dalam komposisi usulan cawpres. PAN Jakarta Pusat mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir dan mantan Kabais Letjen (Purn) Joni Supriyanto.

Sementara Jakarta Selatan, selain mengusulkan Menteri BUMN Erick, juga menguslkan Menparkeraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai cawapres.

Keputusan usulan PAN Jakpus ini dihasilkan lewat musyawarah ranting yang berlangsung di Rumah PAN Jakarta Pusat. Kegiatan ini turut dihadiri Pengurus DPW serta Cabang dan Ranting se-Jakarta Pusat, pada Sabtu kemarin (18/6)
 
Ketua DPW Jakarta Pusat yang juga merupakan Calon PAW anggota DPRD DKI Jakarta, H Wawan memastikan, keempat nama kandidat di atas muncul secara bottom up.

"Karena diserap langsung dari para kader yang sehari-hari bersentuhan dengan masyarakat," kata Wawan.

Sementara itu, usulan PAN Jakarta Selatan diputusakan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang melibatkan 10 DPC se-Jakarta Selatan. Ketua DPW PAN Jakarta Selatan Farazandi menyampaikan, berdasarkan hasil jaring aspirasi kader pada Rakerda DPD PAN Jakarta Selatan, mayoritas mendorong Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (calon non-kader) dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (calon dari kader) sebagai capres.

Sedangkan Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai cawapres.

Menurut Farazandi, hasil tersebut didapatkan dari jaring aspirasi langsung dengan kader perwakilan cabang PAN se-Jakarta Selatan. Kelimanya dipilih berdasarkan musyawarah, karena dirasa mampu mengedepankan politik gagasan, dan punya visi terhadap generasi muda berikutnya.

“Kami menyepakati kelima nama tersebut karena merepresentasikan nilai-nilai yang dikedepankan PAN, antara lain, kami melihat figur-figur tersebut mengedepankan gagasan, berwawasan kebangsaan, dan punya visi menyambung generasi berikutnya,” kata Farazandi.

Diketahui, pada 26 Agustus mendatang, PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional yang salah satu agendanya menetapkan usulan capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Usulan tersebut dijaring mulai dari tingkat daerah sampai provinsi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA