Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rakernas II PDIP Dimulai Hari Ini, Bahas Isu Desa hingga Konsepsi Dasar Capres-Cawapres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 21 Juni 2022, 07:22 WIB
Rakernas II PDIP Dimulai Hari Ini, Bahas Isu Desa hingga Konsepsi Dasar Capres-Cawapres 2024
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto/RMOL
rmol news logo Sejumlah isu strategis bakal dibahas saat DPP PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021 pada hari ini, Selasa (21/6), di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Mulai dari isu memajukan desa hingga membahas konsepsi dasar capres-cawapres 2024.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Rakernas ini merupakan rapat DPP yang diperluas dengan melibatkan peserta dari ketua, sekretaris, serta bendahara DPD PDIP.

Selain itu, peserta juga berasal dari perwakilan sayap dan badan partai. Termasuk anggota DPR RI fraksi PDIP.

"Yang lebih dipersiapkan adalah agenda strategis dalam rangka memenangkan pemilu tahun 2024, tetapi juga sekaligus bagaimana PDI Perjuangan dalam upaya pemilu tersebut mampu menjawab berbagai persoalan rakyat dan mengedepankan sinergi tiga pilar yang turun ke bawah," ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/6).

Hasto menambahkan, hal strategis lainnya yang akan dibahas, selain desa, juga terkait dengan konsepsi dasar, visi, misi yang akan dibawa oleh calon presiden dan calon wakil presiden yang akan datang.

“Sehingga ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat, mengambil keputusan terkait dengan capres dan cawapres," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menuturkan, Rakernas II 2021 yang dilaksanakan pada 21-23 Juni 2022 ini merupakan rapat yang harusnya dilaksanakan pada tahun lalu. Namun karena alasan pandemi Covid-19, PDIP menunda Rakernas tersebut.

"Baru dapat dilaksanakan pada 21 Juni dan sekaligus menunggu momentum penetapan seluruh tahapan pemilu dari KPU," jelasnya.

Hasto menyebut Rakernas II PDIP dilaksanakan dengan sederhana, suasana kontemplatif, serta membahas isu-isu strategis untuk kemajuan bangsa dan negara. Tema yang diangkat ialah "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat" dengan subtema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara".

Menurut Hasto, tema ini diambil untuk mengingatkan watak politik turun ke bawah. PDIP menilai kekuatan sejati itu berasal dari rakyat, bukan yang bergerak di awang-awang.

"Dan dalam membahas desa kuat ini, seluruh aspek pemerintahan desa, kebudayaan, kuliner, dan seluruh sebagaimana selalu ditegaskan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri akan dibahas,” tuturnya.

“Sehingga dari desalah partai terus bergerak membangun optimisme di tengah upaya pemerintahan Bapak Jokowi mengatasi pandemi dan juga mengurangi berbagai dampak akibat situasi global yang tidak menentu, yang penuh dengan ketidakpastian," demikian Hasto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA