Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Megawati Minta Jokowi Perhatikan Desa dan Ketahanan Pangan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 21 Juni 2022, 14:06 WIB
Megawati Minta Jokowi Perhatikan Desa dan Ketahanan Pangan
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Net
Desa harus jadi kekuatan. Sebab di desa rakyat bergerak dari bawah untuk mewujudkan ketahanan pangan untuk kehidupan nasional.

Atas dasar itu, Rakernas II PDIP diarahkan untuk fokus pada upaya penguatan desa.

Demikian disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya dalam Pembukaan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

“Tentunya tadi di belakang (ruang tunggu) saya meminta nanti di dalam Rakernas ini perintah dan arahan dari ketua umum adalah penguatan desa, karena desa itu memang merupakan sebuah tempat di mana rakyat kita bergerak betul dari bawah dan kita harus mengingat semuanya kehidupan yang akan selalu kita dapatkan,” ujar Megawati.

Presiden kelima RI ini lantas menyebutkan bahwa Proklamator Ir. Soekarno sejak puluhan tahun lalu telah menegaskan bahwa soko guru adalah petani. Sementara petani itu ada di desa-desa.

“Sebenarnya Bung Karno sendiri mengatakan soko guru kita adalah kaum petani,” kata Megawati lalu disambut tepuk tangan peserta dan tamu undangan Rakernas II PDIP.

“Sehingga jangan dilupakan itu,” imbuhnya menegaskan.

Megawati juga meminta Presiden Jokowi untuk memikirkan hal tersebut. Menurutnya, pemerintah bisa mengantisipasi ketahanan pangan akibat krisis pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat mengerikan itu dengan menguatkan desa.

Permintaan juga disampaikan saat Megawati bertemu Jokowi di ruang tunggu. Dia meminta Jokowi memberi instruksi agar kedaulatan pangan benar-benar dilaksanakan. Terlebih, Jokowi sudah memberi tahu bahwa keadaan dunia bisa menghadapi krisis ekonomi, termasuk kelaparan.

“Dan beliau (Jokowi) mengatakan tadi itu, ‘sudah berjalan mulai sekarang Ibu’,” sambungnya.

ARTIKEL LAINNYA