Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB: Koalisi Semut Merah dengan PKS Baru di Level 2, Kalau KIR Level 1 Sudah Sepakat Koalisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 21 Juni 2022, 16:34 WIB
PKB: Koalisi Semut Merah dengan PKS Baru di Level 2, Kalau KIR Level 1 Sudah Sepakat Koalisi
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid/RMOL
rmol news logo Kesepakatan kerjasama membentuk koalisi ternyata didapat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Gerindra yang diberi nama koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Sementara dengan PKS yang diberi nama Koalisi Semut Merah masih tahap penjajakan.

Hal ini terungkap dalam diskusi virtual Teras Politik (Terpol) yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa siang (21/6). Di mana Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menyebut ada proses komunikasi yang berbeda antara PKB dengan Gerindra dan PKS.

"Ketika kami berkomunikasi dengan PKS, PKS dan PKB sadar meskipun ingin bergabung ini tidak cukup. Jadi yang disebut koalisi semut merah ini belum resmi, dan belum cukup mengusung capres dan cawapres," terang sosk yang kerap disapa Gus Jazil ini.

Dalam prosesnya, lanjut Jazilul, PKB dan PKS menemukan satu kesamaan. Yakni soal sajian Pilpres yang lebih menyejukkan dan tak lagi menciptakan polarisasi di masyarakat.

Namun saat komunikasi antara elite kedua parpol ini berjalan, diakui Jazilul, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin,tiba-tiba langsung turun gunung untuk menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam lalu (18/6).

Padahal menurutnya, komunikasi antara PKS, Gerindra, dan bahkan dengan Demokrat, dilakukan beriringan pada tataran elite di level 2.

"Komunikasi ini dibangun di level tingkat dua, belum tingkat satu. Karenanya terus berjalan dengan PKS dengan Gerindra, baik dengan Demokrat. Nah, di tengah perjalanan kita melakukan komunikasi tingkat dua, ternyata tingkat 1 bertemu antara Ketua Umum Partai Gerindra (Prabowo) dengan Ketua Umum PKB (Cak Imin)," ungkap Jazilul.

"Jadi kalau (Koalisi) Semut Merah itu levelnya tingkat 2, ini (KIR) levelnya sudah tingkat satu, sudah level dewa lah bahasanya itu," sambungnya.

Maka dari itu, Jazilul menyatakan, perbedaan komunikasi antara rencana pembentukan Koalisi Semut Merah dengan PKS, pun dengan Gerindra dalam rencana membentuk koalisi KIR membuahkan hasil yang berbeda.

"Karena level dewa itu pertemuan dengan Gerindra menyepakati untuk kerjasama membangun koalisi. Kalau koalisi itu, pada intinya membentuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan menang apapun namanya koalisi," demikian Jazilul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA