Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB dan Gerindra Masih Godok Capres yang Bakal Diusung, Antara Prabowo atau Cak Imin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 21 Juni 2022, 17:54 WIB
PKB dan Gerindra Masih Godok Capres yang Bakal Diusung, Antara Prabowo atau Cak Imin
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid/Net
rmol news logo Penggabungan perolehan kursi pada Pemilu Serentak 2019 lalu membuat PKB dan Gerindra bersepakat membangun kerjasama politik. Yakni berkoalisi memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu disampaikan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual "Teras Politik" yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/6).

"Nah, kebetulan kalau dengan Gerindra, suara PKB dan suara Gerindra berdua saja sudah cukup (memenuhi presidential threshold)," ujar sosok yang kerap disapa Gus Jazil ini.

Sesuai aturan yang masih berlaku, jumlah kursi yang harus dipenuhi partai politik untuk bisa memenuhi syarat presidential threshold adalah 115 kursi DPR RI, atau 20 persen dari total 575 kursi.

Adapun total kursi Gerindra dan PKB di parlemen kalau diakumulasi jumlahnya mencapai 136 kursi.

Karena itulah, Jazilul memastikan dua parpol tersebut sampai hari ini tengah mematangkan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Khususnya setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu malam lalu (18/6).

"Kalau hanya titik kerja sama tidak ada gunanya. Maka langkah berikutnya membangun kerja sama itu dalam bentuk koalisi mengusung pasangan capres dan cawapres. Ini yang masih kita godok bareng-bareng, nanti akan diumumkan pada saat resminya," paparnya.

"Keputusan Pak Muhaimin dan Pak Prabowo itu juga disampaikan, 'kita tidak hanya berdua loh', tapi juga membuka kerja sama dengan partai-partai lain. Selanjutnya membangun koalisi dan menentukan siapa pasangan yang diusung. Gerindra punya calon Pak Prabowo, PKB punya capres Gus Muhaimin, ini yang harus dibicarakan terus," tandas Jazilul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA