Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Partai Garuda: Pemain Capres-Cawapres adalah Parpol, Selebihnya Cuma Penonton

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 22 Juni 2022, 13:21 WIB
Partai Garuda: Pemain Capres-Cawapres adalah Parpol, Selebihnya Cuma Penonton
Ilustrasi Pemilihan Umum 2024/RMOL
Menentukan sosok calon presiden dan calon wakil presiden murni menjadi kewenangan partai politik sebagaimana amanat konstitusi.

Namun sayang, dewasa ini kebisingan soal kandidat capres dan cawapres justru lebih banyak diributkan pihak-pihak di luar parpol.

"Saat ini yang paling berisik adalah pihak yang sama sekali tidak punya kewenangan. Bahkan sampai ada yang mendikte partai politik. Mereka bersikap dan berstatement melebihi partai politik," kata Wakil Ketua Umum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi dalam keterangannya, Rabu (22/6).

Teddy mengatakan, parpol peserta Pemilu 2019 adalah partai yang punya kewenangan menentukan capres-cawapres untuk Pemilu 2024. Di luar dari itu, sama sekali tidak punya kewenangan.

Salah satu pihak yang tidak memiliki kewenangan adalah tim sukses (timses). Teddy menuturkan, timses bertugas mempromosikan tokoh agar dilirik partai politik, tidak lebih.

"Begitu pun ketika tokoh yang mereka inginkan akhirnya resmi menjadi capres, maka kewenangan mereka hanya mempromosikan agar bisa meyakinkan pemilih, tidak lebih," paparnya.

Hal tersebut dinilainya perlu diingatkan karena semakin mendekati Pemilu 2024, maka akan semakin banyak pihak di luar parpol yang merasa punya kewenangan untuk menentukan, mengatur, menilai bahkan memaksa.

"Harus sadar posisi, tidak perlu membuat keributan yang tidak-tidak, karena kalian hanyalah penonton, bukan pemain," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA