Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LIPI: Capres Harus Paham Geopolitik, Jangan Cuma Andalkan Inward Looking

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 23 Juni 2022, 16:33 WIB
LIPI: Capres Harus Paham Geopolitik, Jangan Cuma Andalkan <i>Inward Looking</i>
Ilustrasi Pemilihan Presiden 2024/RMOL
rmol news logo Pemimpin Indonesia masa depan dituntut tidak hanya mengandalkan ketokohan semata, melainkan juga harus memahami isu geopolitik. Pasalnya, Indonesia memiliki posisi strategis yang banyak diperebutkan negara lain.

“Idealnya memang capres mendatang harus mengetahui posisi geopolitik karena Indonesia akan menjadi ketua ASEAN tahun 2023 dan terlibat aktif dalam panel antarnegara terkait perubahan iklim (IPCC),” kata Peneliti LIPI, Wasisto Raharjo Jati kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/6).

Selain itu, kata Wasisto, pemimpin negara harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang diplomasi internasional. Hal itu penting sebagai pengetahuan mendasar bagi capres untuk melihat arah diplomasi Indonesia.

Namun sayangnya, kriteria ini tidak menjadi perhatian partai politik dan justru lebih cenderung melihat elektabilitas calon.

"Kita lihat karakter elite lebih berorientasi inward looking, yakni lebih mementingkan kepentingan nasional daripada menjadi pemain global. Ini membuat para elite kita jarang bicara atau tahu peta mengenai masalah dunia,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA