Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Kemendikubudristek, RRI Buka Program Magang Mahasiswa Se-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 23 Juni 2022, 18:58 WIB
Gandeng Kemendikubudristek, RRI Buka Program Magang Mahasiswa Se-Indonesia
Jumpa pers di Kantor RRI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/6)/RMOL
rmol news logo Salah satu bentuk implementasi Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi, LPP RRI membuka program magang untuk mahasiswa di seluruh Indonesia.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) LPP RRI Yonas Markus Tuhuleruw mengatakan bahwa program magang tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang duduk di semester 5 ke atas dari semua jurusan.

"Nama program ini adalah Magang Bersertifikat: Wartawan Multi Media dan Multi Platform," kata Yonas dalam jumpa pers di Kantor RRI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/6).

Yonas menjelaskan, mahasiswa yang menjadi peserta magang nantinya akan mengikuti program selama 5 bulan, yang pada intinya akan membina mereka untuk mampu menulis teks di media online, bisa bersiaran sebagai reporter radio, dan mampu mengoperasikan video (audio visual).

Maka dari itu, untuk dua bulan pertama akan ada pembekalan berupa teori dan praktik jurnalistik tulis (teks), jurnalistik audio dan jurnalistik audio visual.

Namun, pembekalan inihanya akan dipusatkan di Jakarta dengan jumlah peserta magang sebanyak 50 mahasiswa.

"Para mahasiswa akan mendapat insentif selama di Jakarta dalam Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek," kata Yonas.

Untuk tiga bulan selanjutnya, diterangkan Yonas, mahasiswa akan diminta kembali ke kampus asal mereka sebagai koresponden magang RRI dengan kewajiban membuat liputan berita ke RRI sesuai dengan penugasan yang diberikan.  Dalam periode ini mahasiswa akan ditempa untuk menjadi wartawan yang profesional.  

Ditambahkan Sementara Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Mistam, program Magang Kampus Merdeka ini sangat penting bagi RRI juga bagi mahasiswa sebagai generasi muda terdidik.

Pasalnya di satu sisi, RRI  berharap bisa mendapatkan sumber daya manusia yang unggul kelak dan mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan pengalaman praktis di bidang media. Sehingga, alumni peserta magang tidak harus bekerja di RRI, melainkan mereka bebas berkarir di manapun.

"Ini program bukan untuk satu dua bulan ke depan. Ini program untuk masa depan RRI, karena yang kita gandeng adalah generasi muda harapan bangsa," tandasnya.

Pendaftaran peserta magang dibuka mulai Rabu 22 Juni 2022 sampai 10 Juli 2022 melalui https://bit.ly/MSIB3RRI2022. Peserta yang lolos akan diumumkan tanggal 20 Juli 2022. Sedangkan pelaksanaan magang akan dilakukan mulai 1 Agustus-20 Desember 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA