Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bhima Yudhistira: Kunci Pemulihan Ekonomi Pasca 2024 Pilih Pemimpin yang Dukung UMKM

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 24 Juni 2022, 13:12 WIB
Bhima Yudhistira: Kunci Pemulihan Ekonomi Pasca 2024 Pilih Pemimpin yang Dukung UMKM
Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira/Net
Pemulihan ekonomi yang berkelanjutan pasca pandemi Covid-19 diharapkan bisa maksimal digenjot oleh sosok pemimpin yang lahir dari hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Begitu disampaikan Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/6).

Sejauh ini, Bhima melihat keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan ekonomi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih belum maksimal.

Karenanya, ia melihat adanya kebutuhan munculnya figur pemimpin di Pilpres 2024 yang memiliki komitmen kuat untuk membantu para UMKM bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

"Pemulihan ekonomi harus melibatkan partisipasi dari pelaku UMKM, sehingga lebih inklusif dan berdampak luas terhadap lapisan masyarakat bawah," ujar Bhima.

Menurut Bhima, ada beberapa hal yang eprlu diperhatikan sosok capres yang akan maju di perhelatan pilpres mendatang, jika ingin berkomitmen mengembangkan UMKM.

"Mainstreaming UMKM perlu lebih difokuskan dengan kebijakan yang berani seperti alokasi KUR (kredit usaha rakyat) naik 4 kali lipat," tuturnya.

Selain itu, Bhima juga berharap adanya dukungan dari sektor keuangan dalam hal pemodalan UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Di sisi ini, dia menyarankan calon pemimpin yang akan berlaga membuat batas minimal penyerapan produk UMKM oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pembiayaan perbankan perlu mempermudah syarat bagi UMKM, dan BUMN ditargetkan menyerap 60 persen produk UMKM," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA