Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Siapkan Pengamanan Dua Lapis untuk Sipol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 24 Juni 2022, 20:24 WIB
KPU Siapkan Pengamanan Dua Lapis untuk Sipol
Anggota KPU RI Idham Holik/RMOL
rmol news logo Keamanan data partai politik (parpol) yang nantinya masuk ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dijamin Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, pihaknya telah membuat strategi berlapis untuk menjaga keamanan data parpol di Sipol. Tujuannya agar apabila terjadi peretasan bisa segera diatasi.

"Strategi kemanan data yang ada dalam Sipol ada dua lapis kalau memang aplikasinya ada masalah," ujar Idham dalam jumpa pers di Kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Idham menjelaskan, pengamanan dua lapis yang dimaksud adalah sistem pencadangan seluruh data parpol yang ada di dalam Sipol, sehingga dipastikan akan aman.

"InsyaAllah data yang sudah diupload ke Sipol akan sangat aman, karena kita akan amankan dalam dua lapis pengamanan," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan anggota KPU Jawa Barat ini memastikan KPU telah memberikan bimbingan teknis kepada operator Sipol KPU yang ada di tingkat pusat maupun daerah.

"Terkait dengan potensi moral Hazard operator, sudah kita lakukan pengarahan," demikian Idham menambahkan.

Sipol yang digunakan KPU sebagai instrumen pendaftaran parpol calon peserta Pemilu Serentak 2024 sudah mulai bisa digunakan atau diakses pada hari ini.

Parpol sudah mulai bisa mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran peserta pemilu, yakni profil parpol, keanggotaan parpol, kepengurusan parpol, hingga kantor tetap parpol.

KPU akan menutup akses bagi parpol untuk menggungah data tersebut pada 14 Agustus 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA