Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas Bandingkan Harga Beras Singapura, Don Adam Singgung Pendapatan Perkapita yang Jomplang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 26 Juni 2022, 09:47 WIB
Zulhas Bandingkan Harga Beras Singapura, Don Adam Singgung Pendapatan Perkapita yang Jomplang
Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Adamsyah Wahab/Net
rmol news logo Langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membandingkan sejumlah harga bahan pokok di Indonesia dengan negara tetangga, Singapura dikritik. Perbandingan yang dilakukan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu dinilai tidak apple to apple.

Zulhas, sapaan akrabnya, saat berkunjung ke Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur sempat menyinggung bahwa harga beras di Indonesia jauh lebih murah berkat adanya subsidi. Perbandingannya, beras premium di Indonesia berada di harga Rp 12 ribu, sementara di Singapura dipatok Rp 32 ribu.

Harga murah itu, katanya terjadi lantaran ada subsidi luar biasa dari pemerintah.

Kritik tajam dilayangkan aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Adamsyah Wahab. Pria yang akrab disapa Don Adam ini menilai perbandingan yang dilakukan Zulhas tidak sebanding. Sebab, pendapatan perkapita kedua negara jomplang.

“Kak Zulhas, untuk nambah pengetahuan anda saya beritahu ya. Pendapatan perkapita rakyat Singapura 60.000 dolar AS, sementara rakyat Indonesia 4.000 dolar AS,” ujarnya kepada redaksi, Minggu (26/6).

Dia berharap ke depan Zulhas tidak lagi membuat perbandingan harga bahan pokok dengan negara tetangga. Sebab, setiap negara pasti memiliki kebijakan sendiri untuk menyejahterakan rakyatnya.

“Semoga ke depan jangan anda bandingkan harga beras, harga cabe atau harga apapun dengan kita, kecuali, fee kickback mungkin samalah,” tutup pria yang akrab disapa Don Adam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA