Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rumah Toleransi Indonesia Ajak Masyarakat Indonesia Doakan Jokowi Sukses Damaikan Ukraina-Rusia

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 26 Juni 2022, 19:06 WIB
Rumah Toleransi Indonesia Ajak Masyarakat Indonesia Doakan Jokowi Sukses Damaikan Ukraina-Rusia
Koordinator Rumah Toleransi Indonesia Zulfikar/RMOL
Agenda kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia dinilai akan memberi pesan perdamaian dunia. Apa yang dilakukan Jokowi sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia.

Koordinator Rumah Toleransi Indonesia Zulfikar menjelaskan, pihaknya berharap rakyat Indonesia berdoa agar Presiden Joko Widodo mampu memainkan peran strategisnya dalam mewujudkan perdamaian di dunia.

Bagi Zulfikar, kunjungan Jokowi ke negara berkonflik seperti Rusia dan Ukraina bukanlah lawatan biasa. Apalagi kedua pemimpin Rusia-Ukraina yakni Vladimir Putin dan Zelensky adalah tokoh populer dunia saat ini.

"Presiden Putin dan presiden Zelensky adalah mewakili seluruh harapan warga dunia untuk melanjutkan spirit perdamaian dunia, mendorong Rusia dan Ukraina menuju ruang perundingan yang puncaknya pada momentum pertemuan G20 nanti," demikian kata Zulfikar.

Menurut Zulfikar, puncak perdamaian yang dilakukan pada forum G20 nanti akan dapat mencari solusi yang tepat atas konflik yang melanda kedua negara tersebut.

Bacaan Zulfikar, efek dari konflik perang kedua negara telah berdampak pada kelangkaan pangan dunia dan melambungnya harga migas dunia. Bahkan lebih jauh terjadi resesi ekonomi global yang situasinya semakin diperburuk pasca pandemik.

Menurut pria yang juga mantan Deklarator Aliansi Relawan Jokowi ini, kondisi dunia sudah diambang kebangkrutan dan harus segera distabilkan.

"Semoga presiden Jokowi mampu menjalankan misi perdamaian dunia sebagaimana termaktub pada pembukaan UUD 1945," pungkas Zulfikar.

Alinea keempat dalam teks UUD 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA