Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Unggulan Kedua Polling "9 Capres 2024", Peluang Firli Bahuri Masuk Bursa Capres dan Cawapres Terbuka Lebar

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 28 Juni 2022, 11:04 WIB
Unggulan Kedua Polling
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/Net
Peluang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri untuk masuk edar capres-cawapres para Pilpres 2024 dianggap terbuka lebar. Apalagi, jika Firli mampu segera menangkap banyak buronan KPK.

Hal itu disampaikan oleh Peneliti Senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata menanggapi hasil polling yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Politik RMOL melalui RMOL Vote dengan tajuk "9 Capres 2024" yang menunjukkan hasil bahwa Firli berada diurutan kedua di bawah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam polling yang diselenggarakan selama dua pekan ini, Firli memperoleh 10.548 dukungan atau 15,14 persen dari total 82.093 dukungan.

"Peluang Firli untuk masuk edar capres-cawapres pada Pilpres 2024 masih terbuka terbuka lebar," ujar Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/6).

Namun kata Dian, KPK saat ini banyak utang yang harus segera diselesaikan. Salah satunya, utang untuk menangkap buronan, termasuk buronan Harun Masiku yang merupakan mantan caleg dari PDI Perjuangan.

"Penemuan Harun Masiku dapat dikapitalisasi oleh Firli. Firli dipastikan mendapatkan dukungan publik berupa vote electoral. Maka penemuan tersebut bak bisa dikatakan sebagai penemuan harta karun," katanya.

Bahkan, lanjutnya, jika Harun Masiku dapat segera ditangkap, akan membuat jalan Firli mulus mendekati partai pengusung.

"Majunya Firli otomatis merubah peta politik elektoral 2024. Termasuk di dalamnya sebagai ancaman oligarki," katanya.

"Karena itu, untuk mewujudkannya, Firli harus kerja keras dan cepat. Jika tidak, maka momentum Pilpres 2024 akan lewat begitu saja," pungkas Dian.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA